Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Hiu Bagi Kelangsungan Ekosistem Laut

Salam Sukses
Manfaat Hiu
Save the Shark
Sahabat Blogger, kali ini blogsukses.com akan berbagi informasi tentang Manfaat Hiu Bagi Kelangsungan Ekosistem Laut. Sahabat blogger, ketika kita mendengar Hiu, mungkin yang akan terbayang dalam pikiran kita adalah hewan laut yang sangat ganas dan berbahaya dan bisa memangsa siapa saja. Ternyata itu hanyalah sebuah mitos. Selain itu pula sirip  hiu yang selalu diambil oleh para pemburu hiu yang dilakukan secara ilegal dan dijual dengan harga yang cukup mahal.

Sahabat blogger, yang perlu kita ketahui bersama adalah, hiu merupakan hewan laut yang sangat dilindungi, kenapa dilindungi? Karena saat ini populasi hiu yang semakin berkurang, selain itu pula hiu sangat bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem laut, dan hiu mempunyai peran penting dalam memainkan rantai makanan di lautan.

Dalam sebuah  Talkshow yang disampaikan oleh Riyanni Djangkaru dalam sebuah acara rangkaian Hari Bumi 2013,Sabtu 27 april 2013 di Sekolah Alam Bogor, ia mengatakan bahwa "Hiu adalah merupakan ikan predator yang memangsa ikan pemakan kerang-kerangan seperti ikan pari". Penurunan spesies hiu dilaut akan mengakibat meningkatnya spesies ikan pemakan kerang-kerang dibawah laut. Pergantian spesies ini tidak hanya berakibat terhadap hilangnya hiu sebagai top predator, tetapi laut sebagai habitat juga akan berubah. Karena  ikan pari akan memperluar perburuannya dan akan menggangu habitat lain, sehingga kerang-kerangan yang berfungsi sebagai biofilter di laut yang mejernihkan perairan laut.

    Indonesia sebagai Negara kelautan tentu hal ini juga akan berdampak terhadap dunia pariwisata, contohnya saja seperti Raja Ampat yang terkenal dengan terumbu karangnya yang sangat indah, air lautnya yang sangat jernih, dan apabila terjadi hilangnya spesies hiu maka laut tersebut akan menjadi keruh, sehingga mengurangi daya tarik wisatawan untuk datang kesana, dan hal ini tentu juga akan berdampak tehadap kesejahteraan penduduk di sekitarnya. Sehingga dalam hal ini di Raja Ampat telah menetapkan Perda tentang pelarangan penangkapan hiu.

    Kita sebagai masyarakat tentu tidak ingin melihat kerusakan ekosistem laut yang merupakan sebagai sumber ekonomi kita, juga sebagai tempat tujuan para wisatawan, maka disini perlu kesadaran bagi kita untuk turut menjaga kelangsungan hidup ikan hiu, yang semakin lama semakin berkurang. Hal-hal yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak lagi membeli, menjual, menangkap hiu, serta juga memberikan sosialiasi kepada masyarakat untuk turut serta menjaga kelangsungan hidup ikan hiu.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, Yuk sama-sama kita jaga dan selamatkan Hiu.

by.blogsukses.com

2 comments for "Manfaat Hiu Bagi Kelangsungan Ekosistem Laut"

  1. anak-anak sekolah harus belajar lebih banyak lagi tentang dinamika ekosistem laut. supaya mereka tahu bagaimana cara memanfaatkan dan melindungi keseimbangan ekosistem laut.. training motivasi anak www.ideanakhebat.com

    ReplyDelete
  2. sebetulnya yg ada di muka bumi ini kan ttg keseimbangan. Semua bermanfaat, kalo salah satu rusak bakal ada yg timpang. Dan biasanya akibat ulah tangan manusia

    ReplyDelete