Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kulit Cempedak

Manfaat Kulit Cempedak
Buah Cempedak
Salam BlogSukses.com
Manfaat Kulit Cempedak >> Siapa yang tidak tahu dengan buah cempedak. Cempedak adalah salah tanaman buah-buahan yang termasuk dalam famili Moraceae. Setiap orang pasti tau buah yang satu ini, dengan ciri khasnya yang wangi selain itu rasanya juga sangat enak. Selama ini mungkin kita hanya mengkonsumsi isinya saja, dan mungkin ada juga yang mengkonsumsi biji buah cempedak dengan direbus. Namun tahukah kita bahwa kulit batang cempedak bisa diadikan sebagai obat anti-malaria.


Berdasarkan sumber yang didapat dari salah satu media online, telah menginformasikan bahwa, ternyata kulit batang cempedak bisa dijadikan sebagai obat malaria. 

Institut of Tropical Disease Universitas Airlangga kini telah mengembangkan obat anti malaria yang berasal dari ekstrak kulit batang buah cempedak. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Departemen Farmasi dan Fitokimia Universtias Airlangga Surabaya, yang diketuai oleh Dr Aty Widyawaruyanti, MSc, sebagai ketua Tim Penelitian Obat Anti-Malaria ITD-Unair.

Kulit batang tumbuhan dengan nama latin Artocarpus champedem yang diproses menjadi ekstrak ini memiliki sekelompok senyata yang teruji secara klinis sehingga mampu membunuh parasit malaria. Dalam penelitian ini ada beberapa senyawa yang diisolasi dan diuji coba, salah satunya lebih aktif  dari Kina.

Karena lebih aktif, maka senyawa yang diketahui bernama Heteroflavanon C memiliki senyawa yang lebih unggul dibandingkan dengan kina. 

Penelitian ini dilakukan melalui beberapa fase, hingga kini penelitian masih berlangsung kepada 60 orang. Dari empat fase, para peneliti sudah melewati fase pertama yang merupakan fase toksik, yang bertujuan untuk melihat toksisitas kepada subjek. Tetapi untuk obat herbal percobaan dilakukan langsung kepada orang sakit. Kemudian fase ketiga dan keempat akan dilakukan saat obat sudah mulai dipasarkan.

By. BlogSukses.com

Sumber :
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/13/05/17/mmwke1-kulit-batang-cempedak-dijadikan-obat-antimalaria

7 comments for "Manfaat Kulit Cempedak"

  1. oo ternyata bermanfaat untuk malariaa ya. kalo di saya malah di buang saja.
    sayang sekali ya. lanjutkan penelitiannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang Aduls... tpi blm tau juga bagaimana proses pengolahannya bagaimana...
      Terima kasih atas kunjungannya mang Aduls

      Delete
    2. paling pol kalau di saya di goreng pakai tepung. hehehehe

      Delete
    3. Wah... muantep tenan mas... sambil ngopi. :D

      Delete
    4. Betul sekali puolllll.....
      Ga beda dengan ayam goreng. hahahaha
      Bntuknya maksdunya

      Delete
    5. Jadi kepengen beneran ni mang aduls. :D

      Delete
    6. ehhh coa aja kalo g percaya.......

      Delete